Sabtu, 15 Desember 2012

berdirinya negara jerman yang unik


Data-data Negara Jerman
Nama Negara
Jerman (Germany)
Kepala negara
Presiden (Sekarang dijabat Horst Kohler)
Kepala pemerintahan
Kanselir (sekarang dijabat Angela Merkel)
Ibukota
Berlin
Kota-kota Besar
Munich, Essen, Hannover, Wolsburg, Wuppertall, Hamburg, Leipzig
Jumlah penduduk
81.757.600 (2009)
Suku Bangsa
Jerman (93%)
Agama
Protestan (44%), Katholik Roma (37%)
Bahasa
Jerman
Mata Uang
Euro
Lagu Kebangsaan
Das Lied der Deutschen
Pendapatan Perkapita
US$ 34.219 (2009)
Industri
Otomotif, elektronik, kapal, pesawat,senjata,mesin, alat berat,farmasi, kimia, tekstil, baja,alat pertanian, alat transportasi,optik

Tidak ada salahnya sebelum menginjakkan kaki ke Jerman, kita kenal lebih dahulu biarpun hanya sekilas, seperti apa negara Jerman itu. Banyak yang hanya mengidentikkan Jerman sebatas pada pendidikan yang gratis atau bahkan Perang Dunia II. Di bagian ini dijabarkan beberapa fakta singkat mengenai Jerman. Setidaknya memberikan sedikit gambaran supaya kita mempunyai bayangan seperti apa negara Jerman, terutama bagi yang memang belum pernah ke sana Mengenai seluk beluk kehidupan di Jerman sendiri akan dikupas lengkap pada bagian lain.

Profil Negara
Jerman adalah negara industri yang terkaya di Eropa dengan jumlah penduduk yang paling banyak. Jerman juga memegang peran sangat penting dalam segala bidang di Eropa. Baik dalam hal perekonomian, politik, pertahanan benua maupun dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Jerman sebagai negara yang mengalami kerusakan total yang memporakporandakan semua sistemnya setalah Perang Dunia II negara ini mampu bangkit, menata ulang dan membangun kembali potensi dan kemajuan negerinya. Pada akhir Perang Dunia II Jerman terbagi menjadi dua, Jerman Barat dan Jerman Timur. Pada tahun 1990 Jemran bersatu kembali dan secara resmi terbentuklah Republik Federal Jerman, negara Jerman yang sekarang kita kenal.


Geografi
Secara geografis letak Jerman di Eropa sangat strategis. Terletak pada 51LU dan 9 BT, Jerman berada tepat di jantung benua Eropa. Berbatasan dengan 9 negara tetangga, antara lain: Denmark di utara, Belanda, Luksemburg, dan Prancis di barat, Swiss dan Austria di sebelah selatan, serta Polandia dan Republik Cheko di timur. Di sebelah utara Jerman juga berbatasan dengan Laut Baltik dan Laut Utara. Dapat kita lihat lebih jelas pada peta di bawah.

Luas keseluruhan negara Republik Federal Jerman sekitar 357.021 km2 dengan panjang daerah perbatasan sekitar 3.758 km dan panjang pantai 2.389 km. Jika kita bandingkan dengan pulau atau daerah di Indonesia kita-kira Republik Federal Jerman hampir sama dengan tiga perempat luas pulau Sumatera.

Dari perbatasan utara sampai ke selatan, daerah pegunungan Alpen, Jerman terbagi secara topografis menjadi 5 bentang alam; dataran utara Jerman, kawasan tengah pegunungan bergelombang, kawasan pegunungan bertingkat di bagian barat daya, kawasan kaki pegunungan Alpen di selatan dan kawasan pegunungan Alpen Bayern.

Iklim (Klima)
Dengan kondisi bentang alam yang berbeda, menyebabkan cuaca di Jerman untuk masing-masing daerah sangat bervariasi dan tidak sama. Jangan heran apabila mengalami perbedaan yang mencolok, misalnya suhu di utara Jerman yang dingin dan mendung sementara di selatan cerah sekali.
Jerman termasuk pada daerah beriklim sedang, dengan frekuensi perubahan cuaca yang tinggi. Hujan turun di sepanjang tahun dengan intensitas yang berbeda-beda.

Suhu rata-rata pada bulan Januari di daerah dataran utara antara 1,5° - -0,5°C, dan dareah pegunugan berkisar sampai – 6°C, sementara suhu pada bulan Juli di daerah dataran utara sekitar 17° - 18°C. Temperatur rata-rata tahunan berkisar pada 9°C.
 
Negara Jerman adalah sebuah negara di yang berada di Eropa Tengah. Negara dengan sejarah panjang ini, di sebelah barat berbatasan dengan Belanda, Belgia, Luxemburg, dan Perancis. Di sebelah selatan berbatasan dengan Swiss dan Austria. Di sebelah timur berbatasan dengan Ceko dan Polandia. Di sebelah utara berbatasan dengan Denmark.

Wilayah Jerman 357.021 kilometer persegi dan dipengaruhi oleh iklim musimdingin. Dengan 82 juta penduduk,Jerman merupakannegara dengan jumlah penduduk terbesar diantaranegara-negara anggota dari Uni Eropa dan adalahtempat yang ketiga terbesar jumlah migraninternasional di dunia.Sejarah Awal Berdiri Negara Jerman

Awal Sejarah Berdiri Negara Jerman 
Jerman mempunyai sejarah kenegaraan yang panjang dan unik. Awalnya, Jerman berbentuk Persatuan Jerman. Pada 1871, Jerman berdiri, berbentuk Kekaisaran Jerman.

Setelah Perang Dunia II, Kekaisaran Jerman terbagi menjadi dua negara, yaitu Jerman Barat (Republik Federasi Jerman) dan Jerman Timur (Republik Demokrasi Jerman). Kedua negara itu memiliki ideologi yang berbeda.

Sejak penyatuan kembali (reunifikasi) Jerman Barat dan Jerman Timur pada 1990, Jerman memiliki nama resmi yang dikenal dengan istilah Republik Federasi Jerman. Saat sekarang, Jerman terdiri dari 39 Federasi yang berdaulat. Berlin merupakan ibu kota negara tersebut.

Masa prasejarah Jerman dianggap sebagai masa sebelum kedatangan bangsa Romawi yang kemudian menuliskan berbagai catatan mengenai wilayah itu.

Catatan sejarah mengenai wilayah yang sekarang disebut Jerman dimulai sejak adanya laporan-laporan Romawi dan Yunani mengenai kaum biadab ("Barbar") yang mendiami bagian utara Pegunungan Alpen. Masa ini dapat disebut sebagai era protosejarah.

Era sejarah dimulai sejak abad ke-5, biasa dinamakan Abad Pertengahan oleh sejarawan Eropa. Pada masa ini, panggung sejarah didominasi oleh suatu federasilonggar berbagai kaum feodal yang dikenal sebagai Kekaisaran Suci Romawi, yang membentang selama hampir 10 abad, dari abad ke-9 sampai tahun 1806. Pada masa kejayaannya, teritori kekaisaran ini mencakup wilayah modern Jerman, Austria, Slovenia, Ceko, Polandia Barat, Perancis timur, Swiss, dan Italiautara modern. Setelah pertengahan abad ke-16, ketika kehilangan banyak teritori bangsa non-Jerman, kekaisaran ini disebut sebagai "Kekaisaran Romawi Suci Bangsa Jerman".

Perang Napoleon mengubah alur sejarah, dari orientasi feodalisme menjadi negara militeristik, dengan terbentuknya Konfederasi Jerman tahun 1815–1866,Kekaisaran Jerman tahun 1871–1918, dan Republik Weimar tahun 1919–1933. Setelah pemerintahan Jerman Nazi Adolf Hitler tahun 1933–1945 yang membawa kehancuran bangsa ini dalam Perang Dunia II, muncullah Republik Federal Jerman (Jerman Barat) dan Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur) sebagai simbol Perang Dingin, hingga Jerman bersatu kembali pada tahun 1990.
 
German di EURO 2012
 

Jerman merupakan negara tersukses sepanjang sejarah Piala Eropa. Tim yang memiliki julukan Die Mannschaft ini tiga kali keluar sebagai juara pada 1972, 1980, dan 1996. Mereka juga selalu lolos ke putaran final sejak Piala Eropa 1972 di Belgia.Pada Piala Eropa 2008, Jerman harus puas menjadi runner-up. Mereka dikalahkan Spanyol 0-1 di partai puncak. Kini, berstatus sebagai salah satu favorit, Jerman bertekad mengukuhkan statusnya sebagai tim terbaik di Eropa. Meskipun demikian, hal tersebut tak mudah karena Jerman harus tergabung di grup neraka yaitu grup B bersama Belanda, Denmark, dan Portugal.
Jerman tercatat sebagai negara pertama yang lolos ke putaran final selain tuan rumah Polandia dan Ukraina di Euro 2012. Mereka tampil sempurna di babak kualifikasi. Tergabung di Grup A bersama Turki, Belgia, Austria, Azebaijan, dan Kazakhstan laju Miroslav Klose cs tak terbendung. Mereka mengakhiri babak kualifikasi dengan rekor 100 persen kemenangan. Jerman juga tergolong produktif dengan torehan 34 gol dan hanya 7 kali kebobolan.
Skuad Jerman di Euro 2012 :
  • Kiper: Manuel Neuer (Bayern Munich), Tim Wiese (Werder Bremen), Ron-Robert Zieler (Hannover).
  • Bek: Holger Badstuber (Bayern Munich), Jérôme Boateng (Bayern Munich), Benedikt Hoewedes (Schalke), Mats Hummels (Borussia Dortmund), Philipp Lahm (Bayern Munich), Per Mertesacker (Arsenal), Marcel Schmelzer (Borussia Dortmund).
  • Gelandang: Lars Bender (Bayer Leverkusen), Mario Götze (Borussia Dortmund), Ilkay Gundogan (Borussia Dortmund), Sami Khedira (Real Madrid), Toni Kroos (Bayern Munich), Thomas Muller (Bayern Munich), Mesut Ozil (Real Madrid), Marco Reus (Borussia Mönchengladbach), Andre Schürrle (Bayer Leverkusen), Bastian Schweinsteiger (Bayern Munich).
  • Striker: Mario Gomez (Bayern Munich), Miroslav Klose (Lazio), Lukas Podolski (Koln).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar